Google telah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan. Berdasarkan Digital Report 2020 oleh We Are Social, di Indonesia sendiri rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna internet dalam sehari adalah tujuh hingga delapan jam, dan Google sebagai situs yang paling banyak dikunjungi dengan trafik bulanan mencapai 1,7 milyar. Terlebih sebagai PR practitioner, di mana kita tentunya memanfaatkan Google untuk mencari suatu informasi seperti kebijakan pemerintah, profil seseorang, berita terkini, dan kebenaran akan suatu data.
Lebih dari sekedar search engine, ternyata Google memiliki banyak sekali tools yang dapat membantu pekerjaan PR sehari-hari, mulai dari fact check, analyzing trends, data studio, digital marketing, hingga sustainable monitoring. Simak 5 tools canggih milik Google berikut ini yang dapat memudahkan pekerjaan kita:
-
Think with Google
Think with Google membantu kita untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kondisi market dan digital trends dengan topik tertentu seperti consumer insights, marketing strategies, hingga masa depan dunia pemasaran. Dengan Think with Google, kita akan menemukan data dan tren yang Google telusuri dengan perspektif masa depan pada seluruh industri dan audiens. Tool ini tentunya dapat sangat bermanfaat bagi praktisi PR untuk memberikan insight terhadap industri klien, dan untuk mengembangkan suatu strategi PR. (https://thinkwithgoogle.com)
-
Sustainability Google
Saat ini banyak perusahaan yang fokus atau berkomitmen dalam bisnis yang berkelanjutan, seperti beberapa klien Praxis yakni APRIL Group dan Bank DBS Indonesia. Dengan Sustainability Google, pelaku bisnis dapat memanfaatkan tool ini untuk mengetahui perkembangan alam mulai dari hutan, air, dan sumber daya alam lainnya. Sebagai PR Agency yang menangani klien dengan fokus bisnis yang berkelanjutan, tentu saja kita perlu memahami informasi mengenai isu sustainability dengan memanfaatkan tool ini. Sustainability Google juga merupakan salah satu bukti bahwa Google ikut serta dalam meningkatkan awareness terhadap lingkungan terkait kondisi bumi kita. (sustainability.google/tools/)
-
Google Fact Check Explorer
Dari namanya kita tentu dapat langsung mengetahui kegunaan tool ini, yakni untuk membantu memverifikasi informasi atau berita yang kita baca. Di era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini, banyaknya informasi yang beredar dan kebebasan untuk berpendapat menjadikan verifikasi suatu informasi semakin penting. Sebagai praktisi PR yang kesehariannya tidak terlepas dari mencari dan mengumpulkan informasi serta data, tool ini dapat membantu untuk memudahkan kita dalam menyaring informasi. (https://toolbox.google.com/factcheck/explorer)
-
Google Data Studio
Dunia PR tidak jauh dari informasi dan data. Bahkan terkadang dengan banyaknya informasi dan data yang dimiliki, kita menjadi bingung memanfaatkannya. Dengan tool ini, kita dapat memvisualisasikan data dari berbagai sumber yang dimiliki dan kemudian menjadikannya sebagai sebuah informasi yang lebih mudah dipahami bagi media. (https://datastudio.google.com)
-
Google Digital Garage
Terakhir adalah Google Digital Garage. Melalui tool ini, Google memfasilitasi publik dengan online course terkait digital marketing, data & tech, hingga pengembangan karir. Tool ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kita. Khususnya sebagai seorang PR di mana kita harus terus up to date dengan perkembangan berbagai industri. Online course yang disediakan oleh Google Digital Garage juga memberikan pesertanya sertifikasi yang dapat menjadi nilai lebih. (https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage)