Saat ini banyak perusahaan yang berlomba untuk dapat memenangkan suatu penghargaan atas perusahaan ataupun brand mereka. Bahkan ada juga yang memiliki dana khusus yang disiapkan untuk mencapai target dalam memperoleh penghargaan perusahaan. Tidak jarang prosesnya yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perusahaan dalam mengikuti suatu ajang penghargaan. Mulai dari menentukan awards yang sesuai, ideation proposal, hingga submission.
Praxis sendiri juga tidak jarang membantu kliennya untuk melakukan pendaftaran dan mengembangkan proposal yang dibutuhkan untuk mengikuti suatu ajang penghargaan. Lalu, sebenarnya apa manfaat bagi suatu perusahaan dalam mengikuti bahkan memenangkan suatu penghargaan? Dengan memilih penghargaan yang tepat, perusahaan dapat menuai beberapa keuntungan berikut:
-
Pengakuan
Sederhananya, ketika suatu perusahaan menang dan menerima penghargaan atas kinerja perusahaan ataupun brandnya, perusahaan tersebut akan semakin dikenal. Misalnya ketika mendapatkan penghargaan dari suatu top tier media, maka perusahaan akan mendapatkan pengakuan di antara banyak pemangku kepentingan seperti jurnalis, perusahaan lain (calon mitra), calon klien, hingga pemerintah. Sebagai PR, tentu hal ini menjadi keuntungan, dengan satu langkah, PR telah menempatkan perusahaan di hadapan semua individu dan kelompok yang berpengaruh ini.
-
Kredibilitas
Tentu diperlukan sejumlah dana untuk mengikuti suatu kompetisi penghargaan. Namun, label penghargaan dari lembaga penyelenggara tentu lebih bernilai dibanding dana yang dikeluarkan untuk iklan atau paid media lainnya. Setelah mendapatkan penghargaan, perusahaan dapat memanfaatkan title dan logo penghargaan untuk menunjang kredibilitas perusahaan dengan menggunakannya pada signature surel, boilerplate perusahaan, atau juga dengan mengemasnya dalam suatu siaran pers seperti yang dilakukan salah satu klien Praxis (https://www.cnbcindonesia.com/news/20200830234335-4-183133/dbs-indonesia-borong-penghargaan-nasional-internasional)
-
Memperkuat citra perusahaan
Perusahaan dapat mengomunikasikan kepada publik mengenai pencapaiannya yang dihubungkan dengan komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis. Seperti Bank DBS Indonesia yang berkomitmen untuk menjalankan praktik bisnis perbankan yang bertanggung jawab. Komitmen tersebut mendorong perusahaan hingga berhasil dinobatkan sebagai “World’s Best Bank” oleh Euromoney, “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan “Best Bank in the World” oleh Global Finance, dan “Safest Bank in Asia” dari Global Finance selama sebelas tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2019.
Tidak hanya klien Praxis saja yang aktif mengikuti ajang awards, Praxis sendiri sebagai PR Agency menyadari pentingnya pengakuan dari pihak luar dalam menunjang citra perusahaan. Sebagai PR Agency dengan bisnis utama yang banyak berhubungan dengan media, Praxis berhasil memperoleh penghargaan sebagai Agency of the Year untuk kategori The Best Media Relations pada anugerah PR of The Year 2019. Tentunya, penghargaan tersebut memperkuat kredibilitas dan memberikan nilai lebih bagi Praxis.
Hal yang perlu diingat sebelum mengikuti suatu ajang awards adalah suatu perusahaan perlu memusatkan perhatian pada bisnis utama yang dijalankannya. Jangan sampai, awards menjadi prioritas yang malah tidak sebanding dengan bisnis utama atau kualitas yang dimiliki perusahaan. Apabila kinerja bisnis tersebut sudah berjalan dengan baik, maka itulah saat yang tepat bagi suatu perusahaan untuk meraih pengakuan dari pihak luar dengan mulai mengikuti ajang awards.