• Home
  • Current: Stories

Jakarta Fashion Week 2021, Hadirkan Format Yang Lebih Segar!

25 Nov 2020 | STORIES | 0 Comment
Title News

Tidak hanya menjadi wadah bagi industri mode Indonesia, Jakarta Fashion Week juga bekerjasama dengan pemerintah baik dalam negeri maupun internasional untuk membekali para desainer Indonesia dengan sarana edukasi teori maupun simulasi. Dukungan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, British Council, dan Center for Fashion Enterprise menjadi bukti keseriusan Jakarta Fashion Week dalam memberikan edukasi bagi insan mode Indonesia. Dalam waktu yang singkat, upaya ini mendapatkan berbagai prestasi bertaraf internasional dan berkesempatan mengikuti berbagai agenda mode di negara-negara lain.

Namun, perayaan Jakarta Fashion Week pada tahun ini sedikit berbeda. Pandemi tidak memungkinkan diadakannya sebuah acara yang dihadiri banyak orang. Maka dari itu, Femina Group selaku penggagas acara memilih untuk menyelenggarakan Jakarta Fashion Week 2021 secara virtual melalui live streaming. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, acara yang akan diadakan pada tanggal 26-29 November 2020 di Senayan City ini membuktikan bahwa pandemi tidak berpengaruh pada keberlangsungan tren mode. Sebaliknya, pihak Femina Group berharap dengan adanya format yang berbeda ini dapat menjadi sebuah penyegaran bagi pelaku industri mode Indonesia. 

Berikut beberapa campaign dan aktivitas Road to Jakarta Fashion Week yang diadakan dengan format berbeda:

Indonesia Fashion Forward

Merupakan langkah nyata Jakarta Fashion Week untuk menjadikan mode Indonesia sebagai industri yang dapat menembus pasar internasional. Melalui Indonesia Fashion Forward, Jakarta Fashion Week memberikan sarana edukasi bagi insan kreatif mode Indonesia agar dapat bersaing dengan desainer internasional. Untuk dapat bergabung ke dalam Indonesia Fashion forward tentunya terdapat proses seleksi yang meliputi berbagai kriteria tak hanya berfokus pada kreativitas dan talenta semata, namun juga kesiapan dan komitmen desainer secara manajerial dan finansial dalam menembus pasar internasional. Para desainer ini harus memenuhi beberapa persyaratan di mana mereka setidaknya telah konsisten mengeluarkan koleksi selama minimal dua musim dan memiliki ciri khas tersendiri di setiap desainnya.

Fashionlink

Fashionlink merupakan gagasan yang dicetuskan oleh Jakarta Fashion Week dalam rangka menjembatani interaksi antara para desainer, pelaku industri, serta konsumen mode, baik di dalam maupun luar negeri. Terdiri dari Fashionlink Hub & Market (sebelumnya dikenal dengan nama Fashionlink Showroom & Market), inisiatif ini bertujuan membangun infrastruktur industri, serta menjadi wadah komersil yang akan melancarkan akses bagi para desainer maupun label lokal untuk mencapai pasar global. Seiring berkembangnya Fashionlink, selain mempertahankan Fashionlink Hub & Market yang selalu dilaksanakan berbarengan dengan Jakarta Fashion Week, kini program retail Jakarta Fashion Week juga terdiri atas Fashionlink Market, Fashionlink Ramadhan Market, Fashionlink x #BLCKVNUE, dan Fashionhub.

JFW Model Search

Jakarta Fashion Week Model Search, atau yang disingkat JFW Model Search, selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu sebelum Jakarta Fashion Week berlangsung. Jakarta Fashion Week tidak lepas dari kehadiran para model yang memperagakan hasil karya para desainer. Untuk mencari bakat-bakat terbaik di dunia modeling sekaligus menjadi ajang seleksi utama bagi seluruh model yang akan tampil di runway Jakarta Fashion Week, maka JFW Model Search kembali diselenggarakan, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di beberapa kota-kota besar lain yang terpilih. JFW Model Search tahun ini diadakan secara virtual, hal ini yang menjadi pembeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Yang tidak kalah menarik dari JFW Model Search tahun ini adalah adanya web series yang merekam perjalanan proses penjurian ajang ini dengan judul The Search of JFW Icons. Web series ini dapat diakses melalui akun YouTube Jakarta Fashion Week. Dua model asal Surabaya, Maria Karina dan Rizal Rama terpilih menjadi icons pada Jakarta Fashion Week 2021. Dua model kelahiran 2004 tersebut terpilih atas kemenangan mereka di The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons. Selain menjadi ikon Jakarta Fashion Week 2021, dua model ini juga akan turut memeriahkan pagelaran busana di kegiatan yang sama.

Lomba Perancang Aksesori dan Menswear

Lomba Perancang Aksesori (LPA) yang diadakan setiap dua tahun sekali merupakan wadah bagi para perancang aksesori untuk menunjukkan kreativitas mereka. Tahun ini, tema besar yang dipilih adalah ‘Reform//Revive’. Para peserta dapat menginterpretasikan tema tersebut ke dalam koleksi costume jewelry atau fashion jewelry yang dibuat dari material di sekitar kita, termasuk material yang didaur ulang. Selain itu, Jakarta Fashion Week juga mengadakan lomba bagi perancang mode pria. Hal ini menjadi jawaban akan berkembangnya gaya busana pria dan kebutuhan tren mode pria yang semakin meningkat. Lomba perancang menswear tahun ini mengusung tema Daily Dapper.

Keseluruhan rangkaian acara Jakarta Fashion Week 2021 dapat disaksikan melalui akun YouTube Jakarta Fashion Week, Instagram @jfwofficial, maupun microsite JFW.TV. Lewat akun Instagram @jfwofficial, sebanyak 10 semifinalis untuk Lomba Perancang Aksesori 2020 telah diumumkan. Adapun untuk Lomba Perancang Mode Menswear 2020 sebanyak 10 orang juga sudah diumumkan sebagai finalis.

Written by: Ade Ristya
Comments
Leave your comment