Katalog telah menjadi bagian penting dari perusahaan ritel perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA. Sejak pertama kali dicetak Katalog IKEA memiliki tujuan untuk memberikan akses terhadap produk sekaligus menjadi sumber inspirasi dan solusi perlengkapan rumah bagi masyarakat luas. Katalog IKEA telah dicetak dan distribusikan di 42 negara, dengan 69 edisi dan dalam 32 bahasa yang berbeda. Tidak heran jika Katalog IKEA telah menjadi salah satu seri buku paling populer dan paling dinantikan di seluruh dunia.
Nah, tentunya banyak sekali perubahan yang telah dialami Katalog IKEA sejak diluncurkan hampir delapan dekade yang lalu, mari kita memutar balik waktu untuk melihat perjalanan sampul Katalog IKEA dari dekade ke dekade:
1. 50an
Tidak banyak yang mengetahui bahwa merek IKEA merupakan singkatan dari nama penemu dan asal kelahirannya. Nama Ingvar Kamprad yaitu IK, E kependekan dari Elmtaryd, nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu berada. Sebelum showroom pertama IKEA dibuka pada tahun 1948, Ingvar Kamprad menjalankan bisnis melalui penerimaan pesanan pelanggan melalui pos yang menjual berbagai macam produk mulai dari alat tulis, bahan pakaian hingga perabot yang diproduksi secara lokal dengan harga terjangkau.
Menyadari kebutuhan masyarakat Swedia kala itu dan agar menjangkau lebih banyak pelanggan di luar kota kelahirannya, Ingvar Kamprad menghadirkan Katalog IKEA pertama di dunia pada tahun 1951 menampilkan sofa khas IKEA, MK wing chair. Kala itu, konsumen dapat menelepon atau mengirimkan pesanan mereka dengan mengembalikan kupon yang disertakan dalam katalog lalu perabot akan dikirimkan langsung ke pelanggan.
2. 60an
Memasuki tahun 1960, IKEA juga melakukan terobosan baru dalam lini produknya dengan menambahkan warna cerah dan menggunakan bahan plastik untuk perabotnya. Katalog IKEA tahun 1962 merupakan kali pertama IKEA menggunakan sentuhan warna-warna cerah pada perabotannya. Hal ini cukup bertentangan dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan perabotan lainnya di mana perabotan diproduksi dengan warna gelap. Pada era yang sama IKEA juga melebarkan lini bisnisnya ke dunia kuliner. Tahukah kamu bahwa IKEA Restaurant sudah ada sejak tahun 1960? Yes! IKEA Restaurant pertama kali hadir di dunia menyajikan makanan seperti burger, meatballs dan lainnya. Hal ini berdasarkan pengamatan Ingvar bahwa banyak pembeli yang meninggalkan toko saat jam makan siang dan menyantap makanan di restaurant terdekat. Hal tersebut menyebabkan pelanggan lebih sedikit membeli perabotan karena lapar.
3. 70an
Suatu hari Ingvar Kamprad membeli bahan denim sepanjang 5 kilometer dan membawa kain tersebut ke tim desainer dan kreatif untuk membuat suatu karya. Voila! Hadirlah kursi santai TAJT pada tahun 1972. Perabot berbahan dasar denim merupakan hal pertama di dunia. Tidak hanya itu, produk khas IKEA yaitu rak buku BILLY dan kursi santai POANG pertama kali diluncurkan pada era yang sama. Kedua produk tersebut telah menjadi bagian dari identitas IKEA selama 40 tahun dan selalu menjadi pilihan keluarga.
IKEA merupakan satu dari beberapa toko yang menerapkan self-service di mana pelanggan dapat mengambil sendiri perabotan mereka yang sudah dikemas di gudang. Metode ini diterapkan pertama kali di tahun 1970 setelah kebakaran besar menghanguskan sebagian area toko IKEA di Swedia. Hingga saat ini warehouse IKEA telah menjadi tempat ikonik yang digemari oleh pelanggan untuk berfoto. Tentunya kamu pernah foto di warehouse IKEA bukan?
4. 80an
Menginjak umur ke 30 tahun, IKEA memperluas jangkauannya ke ke Amerika Serikat, Perancis dan Italia. Tidak hanya itu, IKEA juga memperbanyak versi IKEA Katalog dengan sembilan bahasa yang berbeda dan telah mencetak lebih dari 45 juta katalog untuk seluruh dunia. Menghitung tahun bisa dibilang IKEA telah 70 tahun memberikan inspirasi rumah untuk setiap pelanggan di penjuru dunia melalui katalognya.
5. 90an
Pada era Pada era 90an, IKEA mulai memperkenalkan lini koleksi khusus anak-anak. Tercermin dari sampul IKEA Katalog di tahun 90an bahwa IKEA mulai menampilkan model anak-anak di inspirasi rumahnya. Tahun 90an juga menjadi tahun kelahiran produk anak-anak pertama oleh IKEA, yaitu kursi ANTILOP. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, IKEA mulai memanfaatkan teknologi komputerisasi untuk mendesain produk ANTILOP yang sebelumnya setiap produk merupakan hasil pengembangan karya desainer interior dan engineer.
Fakta unik lainnya adalah setiap nama produk IKEA berdasarkan nama wilayah dan negara di Swedia. Contohnya adalah sofa KLIPPAN yang merupakan salah satu desa kecil di provinsi Skåne, Swedia. Lebih jauh lagi, penamaan produk IKEA untuk produk tekstil tempat tidur akan dinamai berdasarkan nama tumbuhan seperti BLOMMA yang artinya bunga. Sedangkan, produk anak-anak dinamai setelah nama hewan dalam bahasa Swedia seperti EKORRE yang artinya tupai.
6. 2000an
Untuk pertama kalinya, IKEA memberikan kesempatan kepada pelanggan di Denmark dan Swedia untuk dapat berbelanja secara online melalui IKEA.com di tahun 2000. Hingga saat ini, IKEA.com telah dikunjungi lebih dari 14 miliar pengguna internet di dunia. Memasuki tahun milenium, IKEA mulai fokus dalam mengembangkan produk multifungsi sehingga dapat memanfaatkan ruang yang terbatas agar tetap tampak luas. Pendekatan ini diambil sebagai respon dari tren dan perkembangan properti di era 2000an seperti banyak keluarga yang tinggal di apartemen.
7. 2010-2020
Mewujudkan komitmennya dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik melalui produk- produknya, IKEA terus melebarkan sayapnya. Pada tahun 2014 sampailah IKEA di Indonesia. IKEA hadir melalui toko ritel yang berlokasi di Alam Sutera dan Sentul City serta secara online. Pemanfaatan teknologi digital melalui website memungkinkan masyarakat Indonesia dapat mengakses produknya dari rumah. IKEA melakukan terobosan baru pada Katalog 2021 di mana IKEA tidak lagi mencetak katalog yang telah menjadi bagian dari identitasnya selama bertahun- tahun. Melainkan, IKEA kini menghadirkan katalog dalam bentuk digital.
Dari tahun ke tahun IKEA selalu menghadirkan perubahan pada katalog tahunannya. Setelah membaca perjalanan katalog IKEA dari tahun ke tahun selama tujuh dekade, mana katalog yang menjadi favorit kamu? Tulis di kolom komentar ya!