Warna kulit putih, rambut hitam panjang dan lurus, hidung mancung, tubuh yang langsing sering kali menjadi standar kecantikan bagi wanita Indonesia. Maka dari itu, produk-produk kecantikan yang beredar di pasar terlihat berlomba-lomba mengobral janji untuk memenuhi standar kecantikan yang sudah terlanjur terbangun dari zaman ke zaman.
Wanita dengan kondisi fisik yang berbeda kerap kali mengalami kesulitan ketika mereka ingin mencari produk perawatan kulit/rambut yang sesuai. Coba saja cari shampo untuk perawatan rambut keriting di supermarket, apakah kamu akan mendapatkannya semudah ketika kamu mencari shampo untuk rambut hitam berkilau? Atau produk perawatan wajah yang acap kali dijual dengan kata whitening?
Topik tentang keragaman dalam dunia kecantikan sudah semakin marak dibicarakan. Sedikit demi sedikit, standar kecantikan mulai dipatahkan dengan pandangan bahwa wanita cantik adalah mereka yang dapat menerima diri apa adanya. Tidak hanya brand internasional yang mulai menyuarakan keragaman dalam industri kecantikan, brand lokal juga terus berkembang untuk memenuhi berbagai kebutuhan wanita Indonesia.
Akhir-akhir ini ada tiga brand lokal yang baru meluncurkan produk complexion dengan pilihan warna beragam, khususnya untuk warna kulit gelap yang masih sulit ditemukan di pasaran. Brand-brand ini mengemas peluncuran produk ini dengan campaign yang mengedepankan pesan kecantikan dalam keragaman. Apa saja sih brand-nya? Let’s get to it!
- #BeReady Face Base BLP
Image source: blpbeauty.com
Face Base BLP pertama diluncurkan dengan lima pilihan warna di Juni 2020. Setelah perkenalan pertamanya, brand kosmetik lokal yang digawangi oleh Lizzie Parra ini memutuskan untuk menambah tujuh pilihan warna yang diharapkan dapat merepresentasikan beragam warna kulit. Dalam kampanye ini, BLP menampilkan enam BLP Girls (sebutan untuk pengguna BLP) dengan skin tone yang berbeda, menceritakan pengalaman insecurities serta cara mereka untuk mengatasinya. Kampanye ini memiliki tujuan untuk menginspirasi wanita Indonesia untuk mengalahkan stigma dan semakin percaya diri akan kecantikannya.
- #COPYPASTEYOURBEST Somethinc
Image source: Somethinc.com
Salah satu brand skincare dan kosmetik lokal, Somethinc Official berkolaborasi dengan beauty vlogger, Lifni Sanders untuk memperkenalkan empat warna terbaru dari COPY PASTE Breathable Cushion. Kerjasama ini bermula ketika pendiri Somethinc, Irene Ursula menerima masukan dari para pengguna termasuk Lifni yang mengalami kesulitan untuk mencari shade cushion yang sesuai dengan warna kulit orang Indonesia. Empat shade terbaru, yakni Alter, Tiffany, Fawn, dan Penny diharapkan akan cocok untuk warna kulit mulai dari medium deep hingga dark deep dengan skin tone yang berbeda-beda. Pada akhirnya, Somethinc dan Lifni percaya bahwa setiap orang cantik jika percaya diri dan dapat melihat versi terbaik dari diri mereka sendiri.
- ESQA Flawless Liquid Concealer dan Powder Foundation
Image source: esqacosmetics.com
Brand lokal vegan pertama di Indonesia ini juga baru saja memperkenalkan Liquid Concealer dan Powder Foundation yang hadir dengan enam dan empat shade dari terang hingga gelap. Lewat produk complexion ini, ESQA ingin melangkah lebih jauh untuk merangkul keragaman warna kulit wanita Indonesia. Dalam konten promosinya, ESQA menampilkan foto wanita Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan produk complexion dari ESQA.
Hadirnya produk kecantikan yang lebih beragam dari brand lokal diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak lagi brand kosmetik lainnya untuk melakukan hal yang serupa. Selain produk kosmetik yang disebutkan di atas, adakah brand lain, misal shampo, skincare, atau produk lainnya yang juga menyuarakan kecantikan inklusif? Share di kolom komentar yah!