Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang menjadi favorit banyak orang. Dengan milyaran pengguna di seluruh dunia, Instagram masih memiliki tempat tersendiri bagi pengguna media sosial. Maka dari itu, menyambut tahun baru 2021, Instagram memberikan beberapa pembaharuan fitur yang mengikuti perkembangan tren terkini bagi penggunanya. Fitur yang cukup menarik di tahun 2021 ini adalah Instagram marketing. Banyak hal yang bisa dilakukan di dalam Instagram marketing untuk membantu perkembangan bisnis. Berikut beberapa tren Instagram yang dapat digunakan dalam mengembangkan bisnismu!
Instagram reels yang semakin menjadi idaman
(Sumber: Instagram)
Semakin bersaingnya platform konten video pendek menjadi tanda bahwa di tahun 2021 tren ini akan semakin berkembang. Maka dari itu Instagram memperkuat fitur Instagram reels.. Instagram reels bukanlah hal baru bagi penggunanya. Instagram Reels, memungkinkan pengguna membuat dan mengedit video pendek berdurasi 15 detik yang telah diluncurkan pada Agustus 2020 dan tersedia di 50 negara.
Instagram story menjadi tulang punggung influencer marketing
(Sumber: Instagram)
Instagram story telah menjadi aspek penting dalam pemasaran influencer. Hampir delapan dari sepuluh (78 persen) brand mengatakan bahwa Instagram story telah berdampak besar pada konten influencer tentang brand mereka (Tribe Dynamics, 2020). Instagram story merupakan fitur yang paling populer hingga kini. Baik influencer maupun pengguna lainnya mengakui bahwa dalam kesehariannya mereka mengupload konten di Instagram story secara regular.
Tren Instagram shopping yang memudahkan marketing bisnis maupun penggunanya
(Sumber: Bustle.com)
Menurut businessinsider.com, Instagram shopping berpotensi mencetak nilai transaksi sebesar $10 miliar pada tahun 2021 berkat kemajuan fitur belanjaannya. 70 persen pembeli menggunakan Instagram untuk mencari referensi produk dan ada juga 130 juta pengguna yang mempelajari lebih lanjut tentang produk dengan mengetuk postingan belanja setiap bulan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membeli kebutuhan tanpa meninggalkan aplikasi. Berbeda dengan reels, Instagram telah memposisikan tab Instagram shopping di bagian bawah sejajar dengan pilihan lainnya pada navigasi utama. Dengan pengguna yang menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram, bukan hal yang tidak mungkin jika fitur Instagram shopping akan semakin menjadi tren pada tahun 2021
Carousel post yang akan tetap menjadi tren di 2021
(Sumber: Pinterest)
Postingan carousel atau multi-foto semakin populer di tahun 2020 dengan peningkatan sebesar 19,4% (marketing charts, 2020) dan akan terus berkembang di tahun 2021. Meskipun pembuatannya bisa memakan waktu, postingan carousel berkualitas tinggi memberikan keuntungan dalam hal jangkauan dan informasi yang disampaikan
Pergeseran Brand Aktivasi ke Instagram Live
(Sumber: Later.com)
Pandemi di tahun 2020 memaksa banyak brand yang terbiasa mengadakan acara dengan tatap muka secara langsung harus mengubah acaranya menjadi virtual. Dengan offline event yang ditangguhkan untuk sementara waktu, Instagram menjadi alternatif untuk tetap mengadakan acara tersebut melalui Instagram live misalnya. Dibalik perubahan ini, ada beberapa keuntungan yang didapatkan seperti bisa menjangkau lebih banyak orang dan memudahkan kita untuk menghadiri banyak acara dalam waktu singkat karena tidak perlu berpindah tempat
Inilah lima tren Instagram yang perlu kamu ketahui di tahun 2021. Dengan tambahan informasi yang cukup diharapkan dapat memudahkan kamu untuk menyusun strategi Instagram yang selangkah lebih maju.