Ericsson bekerja sama dengan XL Axiata dalam menyediakan Layanan Optimasi Jaringan (Network Optimization Service) di Jabodetabek dan Jawa Tengah guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Layanan ini memanfaatkan Ericsson Cognitive Software yang berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).
Ericsson Cognitive Software merupakan platform big data multi-vendor dan multi-teknologi yang berbasis teknologi AI dengan skalabilitas dan kinerja unggul. Platform ini digunakan untuk meningkatkan pengalaman jaringan XL yang meliputi rasionalisasi biaya operasional, peningkatan loyalitas pelanggan, serta peningkatan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi. Platform ini diatur dengan modul berbeda, yang bekerja secara mulus di seluruh siklus jaringan (network lifecycle), dari perencanaan, rancangan, penyetelan, hingga optimasi.
Menurut I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, perwujudan visi XL Axiata dalam membangun jaringan yang paling hemat biaya guna memberikan pengalaman pelanggan terbaik diperlukan penanaman analitik dan machine learning (ML) dalam alat perencanaan, perancangan dan optimasi. XL Axiata telah memulai Zero Touch Operations sejak 2020 dan mereka yakin melalui kerjasama dengan Ericsson dapat mendukung ambisi mereka.
Ericsson Optimization Service terdiri dari penggunaan Cognitive Planning yang berfungsi memprediksi kebutuhan ekspansi secara akurat, Cognitive Tuning untuk meniadakan kebutuhan drive test sekaligus memberikan wawasan unik untuk menangkap pelanggan di mana saja, serta rekomendasi yang sangat akurat, termasuk wawasan kompetitif dari data crowdsourced pelanggan dan Cognitive Optimization, untuk memeriksa secara mendalam, mendeteksi secara proaktif, dan menyelesaikan masalah kinerja. Kemampuan ini secara bersama-sama menjamin perluasan kapasitas secara proaktif dan kualitas jaringan unggul sebagai dasar untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan XL Axiata.
“Solusi Ericsson Cognitive Software akan memperkuat tekad kuat XL Axiata untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dan keunggulan operasional. Solusi ini akan mengurangi biaya operasional dan kompleksitas serta memberikan pengalaman jaringan ke generasi selanjutnya. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata dalam perjalanan transformasi ini,” ujar Jerry Soper, Country Head Ericsson Indonesia.