• Home
  • Current: Stories

Kerap Pertanyakan Kemampuan dan Keadaanmu? Deretan Lagu Ini Punya Jawabannya!

06 Oct 2020 | STORIES | 0 Comment
Title News

How’s your day, everyone? Ada kalanya individu merasa bahagia atau bersedih saat menjalani hidup beserta tantangannya. Ketika kamu menemui slump dan mulai mempertanyakan hidupmu, wajar jika kamu merasa gundah gulana. Namun, jika terpaku pada kesulitanmu, kamu hanya akan membuat pikiran menjadi negatif tanpa menyelesaikan masalah.

Pernah dengar jika musik dapat memberikan pengaruh positif terhadap individu? Atau mungkin kamu sendiri pernah merasakannya? Jika iya, memang benar bahwa musik dapat memberikan pengaruh positif dan ada penelitian yang dapat membuktikannya. Deutsche Welle (DW.com) menyatakan bahwa dengan mendengarkan musik, manusia mengaktifkan bagian otak yang sama seperti saat memproses emosi. Musik juga mempengaruhi detak jantung, tekanan darah, dan ketegangan otot, yang dapat membantu seseorang mengatasi rasa sakit.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Helen Osborne, President at Health Literacy Consulting pada tulisannya yang berjudul ‘Using Music and Song as Tools of Health Communication’. Beliau menjelaskan bahwa musik dapat digunakan sebagai alat komunikasi dalam konteks kesehatan untuk mengurangi ketakutan, menekankan informasi yang dapat menguatkan, dan memberikan pesan positif bagi pendengarnya. 

Seperti yang sempat saya singgung di artikel sebelumnya, menjadi anak PR dengan pekerjaan yang selalu menemani keseharian saya tentu tak selalu berjalan mulus dan terkadang dapat menimbulkan rasa galau juga, wajar yah manusia. Lalu, bagaimana cara saya mengatasinya? Hal yang biasa saya lakukan adalah mencoba untuk ‘berkomunikasi’ dengan hati melalui musik. Mungkin terdengar aneh atau bisa jadi membingungkan, tetapi saat dilakukan, it works! 

Sebagaimana konsultan PR membantu menyampaikan key message klien ke publik melalui media, saya meyakini bahwa para musisi juga menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan kepada pendengarnya melalui musik. Jika kamu terkadang mempertanyakan kemampuan atau keadaanmu, deretan lagu di bawah ini memiliki pesan yang dapat menghangatkan hati dan membantumu menemukan jawabannya!

 

 1. Lee Hi: Tak apa, kamu sudah bekerja keras

 

Sumber foto:  Music.apple.com

Ketika bekerja atau menjalankan rutinitas harian, kita tentu pernah merasa lelah dan kecewa dengan kesalahan yang pernah dilakukan. Kalau dalam konteks PR, mungkin yang paling mendasar adalah tata cara penulisan. Hal yang biasa terlintas di kepala saya adalah, “Seharusnya bisa lebih baik ya.” Can you relate?

Di saat seperti itu, mendengarkan lagu berjudul ‘Breathe’ oleh penyanyi Lee Hi ini mungkin bisa memperbaiki perasaan kita. Seperti judulnya, lagu ini mengangkat ‘menghela nafas’ sebagai cara untuk menggambarkan kesulitan hidup. 

Diawali dengan iringan piano yang lembut, Lee Hi menyampaikan bahwa meskipun seseorang tidak bisa sepenuhnya mengerti kesulitan yang orang lain rasakan, tetapi ia berkata bahwa semua akan baik-baik saja. Jadi, jika kita merasa kurang puas atau melakukan kesalahan, tidak apa-apa karena semua orang melakukannya. Kita hanya perlu ‘mengatur nafas’ untuk kembali melanjutkan kehidupan.

 

2. Glenn Fredly: Pengharapan ada padamu

 

Sumber foto: Music.apple.com

Tanpa kita sadari, tak jarang kita meragukan kemampuan dan potensi yang kita miliki. Meski selalu berusaha memberikan yang terbaik, terkadang masih terlintas pertanyaan seperti, “Apakah saya sudah melakukan hal yang tepat?” atau “Apakah saya bisa?”

Dinyanyikan oleh penyanyi Glenn Fredly, lagu ‘Salam bagi sahabat’ dapat memberikan makna tersendiri saat kita membutuhkan dukungan dan meragukan kemampuan kita sendiri. Lagu ini ingin menyemangati pendengarnya untuk percaya diri, terlebih tatkala ingin mengambil langkah baru untuk menemukan jati diri. 

Dengan irama ceria, lagu ini menyiratkan bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam meraih kebahagiaan. Tidak datang begitu saja, kebahagiaan harus diraih dengan cara membuka diri dan menghadapi segala tantangan. Dengan melihat dan mengerti diri kita lebih dalam, kita pasti akan menemukan jawaban yang kita cari. So true!

 

3. Zion T: Nikmati lagu ini layaknya sepotong cokelat 

 

Sumber foto: Music.apple.com

Motivasi tidak hanya datang dari pemberian solusi terhadap suatu masalah, tetapi dapat berupa perhatian dari orang lain di saat sulit. Zion T menggambarkan perasaan tersebut melalui lagu berjudul ‘Eat’, di mana lagu ini menceritakan kekhawatiran sang penyanyi kepada seorang wanita yang terlihat penuh beban. Saat melihat video klip-nya, saya sempat flashback ke masa di mana saya terbelenggu oleh pikiran negatif.

Hal tersebut tersampaikan dengan jelas melalui potongan lirik “Aku yakin kamu ingin pulang ke rumah (meskipun kamu sudah ada di rumah).” Sang penyanyi berpesan bahwa saat dalam keadaan sulit, kita bisa menikmati lagu ini sebagai ‘makanan’ yang dapat membuat kita jadi lebih baik. Pada lagu ini, Zion T juga mengingatkan agar kita tidak melupakan waktu makan dan tetap menjaga kesehatan. Penting banget apalagi di masa sekarang ini, sehat itu emas!

 

4. Highlight: Mau gimana lagi?

Sumber foto: Music.apple.com

Hidup tidak selalu berjalan mulus, justru itu yang membuat kehidupan lebih berwarna. Meski begitu, tak mudah bagi kita untuk menyembunyikan rasa kecewa saat mengalami hal yang kurang menyenangkan. Iya nggak? Melalui lagu ‘Can be better’, grup vokal Highlight berpesan bahwa terkadang kita tidak memiliki pilihan selain berusaha untuk menerima keadaan.

Sebagai pencipta lagu sekaligus rapper pada lagu ini, Junhyung menyampaikan, “Segala sesuatu tidak bisa selalu baik ataupun selalu buruk. Hari yang berulang tidak selamanya selalu spesial. Mengapa kita harus mengkhawatirkan hal yang belum terjadi? Bahkan saat ini, matahari mulai terbenam.” Lagu ini ingin mengajak pendengarnya untuk terus melanjutkan hidup dan belajar berlapang dada saat menghadapi kesulitan.

 

5. Adera: Buatlah hatimu bersinar lagi

 

Sumber foto: Music.apple.com

Terlahir dengan sifat yang tidak pernah puas, kita yakin bahwa apa yang kita inginkan adalah hal yang kita butuhkan, meski kenyataannya tak selalu begitu. Dulu, saya sempat berpikir seperti itu ketika saya tidak masuk ke perguruan tinggi negeri. Rupanya, saya malah masuk ke kelas internasional dan berkesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris yang benar-benar saya pakai di pekerjaan saya saat ini. Seperti yang biasa dibilang orang, “Things have a way of working themselves out.” 

Penyanyi sekaligus pencipta lagu Adera ingin memberikan ‘Catatan kecil’ pada pendengarnya tentang cara untuk menyingkapi kehidupan. Lagu ‘Catatan kecil’ menjelaskan bahwa cara untuk merasa puas bukan semata-mata dengan meraih semua hal yang diinginkan, tetapi juga didapat dengan bersyukur. Lewat lagu ini, Adera berpesan untuk percaya bahwa segalanya telah diatur semesta agar kita mendapatkan yang terindah.

 

Jadi, bagaimana denganmu? Apakah kamu juga pernah merasakan kekhawatiran yang sama? Atau malah sudah mendengarkan lagu-lagu di atas dan merasa terobati setelah memaknai liriknya? Share yuk!

Written by: Anggelin
Comments
Leave your comment