• Home
  • Current: Stories

Manfaatkan Empat Program Ini agar Bekerja Lebih Cermat

13 Nov 2020 | STORIES | 0 Comment
Title News

Dalam bekerja, tentu kita memerlukan kecermatan dan kemampuan mengorganisasi pekerjaan agar dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Maka dari itu, banyak di antara kita yang masih menulis catatan, membuat daftar yang harus dikerjakan (to do list), dan menandai tanggal-tanggal penting. Daftar dan catatan tersebut membantu kita untuk fokus dan produktif setiap harinya. Namun, catatan yang tertulis di atas kertas kadang mudah hilang dan berserakan, sehingga sulit untuk melihat kembali catatan tersebut.

Di era digital saat ini, akan lebih mudah jika catatan tersimpan pada smartphone dan juga terintegrasi dengan peralatan digital lain seperti laptop atau komputer. Sehingga, kapan saja dan di mana saja kamu dapat mengecek catatan tersebut. Banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat yang dapat digunakan pada sistem android, windows, maupun iOS, yang sudah terunggah pada smartphone sejak pertama kali dibeli.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat pekerjaan lebih cermat, terorganisasi, dan membuat catatan terekam pada jejak digital.

Sumber: Microsoft.com

1. OneNote

OneNote merupakan salah satu program milik Microsoft Office 2007 yang dikhususkan untuk membuat catatan, agenda, dan to do list dan memungkinkan kamu untuk membuat catatan sederhana hingga yang rumit. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti perekam suara dan video, pengingat, dan alat menggambar. Masih banyak lagi fitur yang bisa membantu kamu untuk membuat catatan yang kamu mau. 

Program OneNote mempunyai konsep alat bantu pengorganisasian karena disana kamu bisa membuat sebuah notebook yang dapat terdiri dari beberapa bagian, dan bagian menjadi beberapa halaman. Sehingga memudahkan untuk mengategorisasikan pekerjaan atau apapun sesuai logika memori kamu yang pada akhirnya memudahkan pencarian. 

 

Sumber: Evernote.com

2. Evernote

Program ini hampir sama dengan OneNote. Evernote membuat kita bisa mengatur catatan dengan folder dan notebook dengan banyak fitur di dalamnya. Catatan yang kamu buat bisa benar-benar terorganisasi dan dilengkapi dengan fitur reminder untuk mengingatkan kita pada beberapa hal . Evernote juga bisa mengintegrasikan konten pada web browser dengan catatan melalui program ekstensi Evernote Web Clipper, sehingga sangat memudahkan untuk memindahkan hal-hal penting yang kita temukan. 

Kamu juga bisa mengunggah file dokumen pada Evernote agar nantinya bisa dibuka kapan saja dan di mana saja. Jadi, selain bisa menjadi catatan, Evernote juga bisa menjadi tempat untuk menyimpan hal penting. 

3. Calendar

Hampir semua device yang kita miliki telah terdapat aplikasi Calendar dengan masing-masing formatnya. Aplikasi ini tidak hanya untuk pengingat waktu saja, tetapi bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyusun perencanaan pekerjaan kita. Setiap ada janji atau tenggat waktu yang harus dilakukan, kamu bisa mencatatnya pada aplikasi Calendar lengkap dengan waktu dan pengingatnya. Hal ini bisa membuat pekerjaan tidak tertumpuk satu sama lainnya atau tidak ada acara yang bertabrakan pada waktu yang bersamaan. 

4. Google Task

Sesuai dengan namanya, Google Task merupakan salah satu produk program dari Google. Tentunya program ini dapat dengan mudah terintegrasi dengan email Gmail bahkan dengan Google Calendar yang kita miliki. Di sana kamu bisa memasukan pekerjaan yang harus dilakukan beserta dengan sub-pekerjaannya, sehingga hal ini bisa membuat kamu mudah untuk mengetahui detail pekerjaannya. Kamu bisa mencatat seluruh pekerjaan harian, bulanan, maupun tahunan. Karena terhubung dengan Google Calendar, maka semua catatan akan muncul pada Google Calendar.

Kamu bisa memilih aplikasi-aplikasi yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan dalam membuat pekerjaan tetap terorganisasi. Seluruh aplikasi tersebut bisa kamu unduh secara gratis di setiap device yang kamu miliki, sehingga bisa kamu lihat setiap kamu memerlukannya. 

 

--
Sumber: Pexel.com by Pixabay

The girl who learned so much through arts
Comments
Leave your comment