Masih ingat dengan artikel saya sebelumnya yang berjudul "Ajang Awards Bagi Perusahaan: Pain or Gain?" ?
Di artikel kali ini, kita akan membahas salah satu "gain" yang diperoleh klien Praxis yaitu Bank DBS Indonesia. Pada akhir tahun 2020 lalu, Bank DBS Indonesia berhasil menutup tahun dengan memperoleh penghargaan bergengsi dari Kincentric sebagai “Indonesia’s Best Employers 2020” dalam Program Best Employer. Program tersebut menilai dan mengapresiasi perusahaan yang berhasil menunjukkan keunggulan sebagai tempat kerja terbaik.
Bank DBS Indonesia memperoleh nilai terbaik di semua indeks penilaian dalam nominasi ‘Best Employer’, dengan nilai yang melampaui perusahaan lainnya pada keempat kategori berikut yaitu; keterlibatan karyawan (employee engagement), ketangkasan organisasi (organizational agility), keterlibatan kepemimpinan (engaging leadership), dan fokus pada bakat (talent focus). Beberapa hal di atas berhasil menempatkan PT Bank DBS Indonesia di posisi teratas untuk perusahaan di Indonesia.
Atas keberhasilannya tersebut, Bank DBS Indonesia memperkuat citra perusahaan karena dinilai memiliki tenaga kerja dengan keterlibatan sangat tinggi. Karyawan Bank DBS Indonesia memiliki keterlibatan yang lebih (sebanyak 13%) jika dibandingkan dengan karyawan di perusahaan lain. Salah satu faktor pendorong keterlibatan karyawan yang kuat adalah lingkungan kerja kondusif, yang menerima berbagai latar belakang dan cara berpikir beragam, seperti yang dialami oleh 99% karyawan dari perusahaan yang berada di peringkat teratas.
Tidak hanya itu, Kincentric juga menyampaikan bahwa karyawan di perusahaan peringkat teratas juga menunjukkan tingkat keyakinan tinggi terhadap manajemen perusahaan. Hal tersebut semakin memperkuat "gain" lainnya yakni kredibilitas Bank DBS Indonesia sebagai perusahaan yang dapat dipercaya oleh karyawannya. Sebanyak 94% karyawan menegaskan bahwa pemimpin mereka memberikan arahan yang jelas untuk masa depan. Selain itu, 96% dari karyawan setuju bahwa kepemimpinan eksekutif membuat mereka bersemangat tentang masa depan perusahaan. Terakhir, 93% dari karyawan menyatakan bahwa atasan mereka lebih terbuka dan transparan dalam berkomunikasi. Temuan ini menekankan peran penting kepemimpinan dan komunikasi terbuka antara pemberi kerja dan karyawan di tengah pandemi.
Hal lain yang tak kalah penting menurut Kincentric adalah kepuasan karyawan dalam perusahaan tersebut. Kajian mengungkapkan bahwa para karyawan diberikan remunerasi cukup atas kontribusinya di perusahaan (91%) dan perusahaan mengenali serta mengevaluasi kemampuan karyawan dan bidang yang menunjukkan perbaikan dengan baik (97%). Poin terakhir ini merupakan pengakuan yang diperoleh Bank DBS Indonesia atas reputasinya yang senantiasa memperlakuan karyawan dengan adil dan mengembangkan potensi karyawan.