Untuk bisa memperkuat citra sebuah brand, selain secara rutin memberikan materi dalam bentuk artikel terkait produk maupun brand kepada media dan influencer untuk kemudian diolah dan dijadikan konten, praktisi PR juga dapat memberikan PR package. Pemberian PR package kepada media dan influencer sering juga disebut product seeding. Tujuannya adalah supaya media maupun influencer dapat mereview secara lebih detail berdasarkan pengalamannya menggunakan produk tersebut. Namun, tantangan yang dihadapi ketika mengirimkan PR package adalah bagaimana mengirimkan PR package yang dapat menarik perhatian media dan influencer sehingga mereka juga tertarik untuk memberikan tanggapannya secara sukarela di media maupun media sosial miliknya. Yuk, simak beberapa tips dibawah ini tentang bagaimana membuat PR package yang tepat!
Budget!
Budgeting menjadi challenge tersendiri bagi praktisi PR dalam menyusun PR package. Tidak jarang ide untuk barang apa saja yang akan dimasukkan kedalam PR package harus disesuaikan dengan budget dan pesan yang ingin disampaikan. Memang, produk yang dikirimkan sudah memiliki nilai yang signifikan, tetapi kita tetap perlu memberikan sentuhan yang lebih personal agar menarik. Penting bagi sebuah brand untuk memperhatikan bahwa setiap elemen yang ada di dalam PR package dapat mencerminkan brand tersebut. Maka dari itu, kita harus melakukan banyak riset untuk mencari apa saja barang-barang yang sesuai dengan ide utama, tentunya dengan harga terbaik. Disinilah creative thinking diperlukan.
Penerima
Untuk dapat mengirimkan PR package yang tepat sesuai sasaran, praktisi PR perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai tujuan pengiriman PR package, siapa target audience dari produk yang akan dikirimkan, dan produk apa yang akan dikirimkan. Dengan begitu hasil dari riset tersebut dapat menentukan media dan influencer mana yang paling sesuai untuk membantu mempromosikan produk atau brand kita.
Salah satu dampak positif dari pengidentifikasian influencer yang tepat juga dapat menentukan kualitas konten yang akan dihasilkan. Berikut beberapa hal yang perlu diingat saat mencari influencer yang sesuai dengan brand atau produk yang sedang ingin dipromosikan:
- Apakah audiencenya sesuai dengan produk atau brand kita?
- Apakah mereka membutuhkan produk kita?
- Apakah mereka menggunakan produk sejenis?
- Apakah kontennya sesuai dengan brand kita?
Experience
Mengirimkan produk saja kepada media dan influencer terkadang belum cukup. Untuk dapat menarik perhatian mereka, memberikan beberapa penambahan tentunya perlu untuk dapat memberikan kesan dan menghadirkan suasana yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dari produk atau brand kita. Jadilah kreatif dan berpikir out of the box untuk dapat membuat PR package yang unik dan menarik.
Presentasi juga merupakan sesuatu yang perlu diingat karena merupakan representasi dari brand. Catatan dalam tulisan tangan bisa membuat kesan personal dan menyentuh. Hal ini membantu memperkuat hubungan dengan influencer dan media, sekaligus memperbesar kemungkinkan bagi mereka untuk menceritakan atau mengulas produk yang dikirimkan.
Selain itu ada juga beberapa hal simple yang perlu diperhatikan ketika mengirimkan PR package. Pikirkan setiap elemen yang ada, tampilkan logo secara jelas dan mudah dilihat untuk memberikan kesan pertama yang menarik. Kamu juga bisa menyesuaikan siaran pers yang dikirim menyertai PR package untuk mencerminkan temanya. Pastikan juga untuk memilih layanan pengiriman yang aman dan terpercaya. Voila, PR package siap didistribusikan!